Berita

Sosialisasi PPDB Online Dinas Pendidikan Makassar 2020

Syarat PPDB Online 2020

DISDIK.MAKASSAR.GO.ID Makassar [23/6/2020]. Covid-19 mengakibatkan proses belajar mengajar  berlangsung tidak lazim. Disisi lain  kalander pendidikan tahun ajaran 2020 - 2021 tetap berjalan.

Secara resmi Pj Wali Kota Makassar Prof Yusran Jusuf mengumumkan, bahwa proses belajar mengajar selama pandemic Covid-19 dilakukan secara Daring (dalam jaringan). Tremasuk Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB)

 “Penerimaan Peserta Didik Baru secara daring yang dimulai 1 Juli 2020, oleh karena itu saya menghimbau  kepada putra-putri kota Makassar untuk program tetap menerapkan protokol kesehatan. Semoga anak-anakku semua bisa menjadi anak yang cerdas dan menjadi harapan bangsa dan Negara,” jelas Yusran.

Pada kesempatan yang sama  Plt. Kadis Pendidikan Amalia Malik menyampaikan PPDB tahun 2020-2021 dilaksanakan mulai 1 hingga 3 Juli 2020 untuk jalur non zonasi. Jalur ini terdiri dari tiga bagian, yakni jalur prestasi, affirmasi, dan perpindahan.

 Dari  pendaftaran tersebut akan diumumkan pada 4 Juli yang kemudian dilanjutkan pada tahapan pendaftaran ulang di 5 dan 6 Juli 2020.

Sementara untuk pendaftaran jalur zonasi akan berlangsung pada 6 dan 7 Juli dan diumumkan di 8 Juli 2020.

“ PPDB ini dilaksanakan full daring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sementara  daerah-daerah tertentu khususnya di pulau-pulau, karena alasan jaringan internet maka  akan dilaksanakan secara luring atau off-line, secara bertahap dengan memperhatikan protokol kesehatan,” tutur  Plt Kadis Amalia.

Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi berbasis system yang dapat diakses oleh masyarakat melalui web resmi Dinas Pendidikan Kota Makassar disdik.makassar.go.id untuk semua jenjang pendidikan dari TK, SD, hingga SMP.

“ Persyaratan administrasi, atau legalitas untuk jalur zonasi calon peserta didik tingkat sekolah dasar wajib mempunyai  Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran yang telah terverifikasi oleh lembaga Disdukcapil “ Imbuh Plt Kadis Amalia

Ditambahkan Plt Kadis Amalia,  PPDB  jalur prestasi selain persyaratan KK Dan Akta Kelahiran  juga wajib  mengunggah piagam-piagam penghargaan yang dimiliki disertai surat keterangan dari penyelenggara. Untuk jalur affirmasi wajib mengunggah kartu prasejahterah yang sudah terdaftar di dinas sosial. Selain itu, untuk jalur perpindahan calon peserta wajib menyertakan surat keterangan perpindahan orang tua atau guru bersangkutan.

 

(Jasmin)

Komentar menggunakan akun Facebook

1 Komentar

  • Mantap... perlu sodialisasi agar calon siswa baru tau..

Kirim Komentar

Enam Ribu Delapan Ratus Empat Puluh Sembilan